featured

Ads Top

8 Kesalahan Ketika Menyewa Jasa Tukang Bangunan

Seperti industri lainnya, dunia konstruksi juga membutuhkan tukang bangunan untuk menyelesaikan proyek-proyeknya. Bisa dikatakan, tukang bangunan merupakan faktor yang menentukan keberhasilan suatu proyek. Oleh karena itu, kita harus bersikap kritis ketika memilih penyedia jasa tukang bangunan. Menggunakan jasa tukang bangunan berkualitas akan membantu kita terhindar dari resiko kerugian proyek bangunan. Sebagai antisipasi, kenalilah 8 kesalahan ketika menyewa jasa tukang bangunan berikut ini.

Menyewa tukang bangunan di saat yang tidak tepat
Ketika rumah kita membutuhkan perbaikan, tentu kita harus mencari jasa tukang bangunan. Namun, seringkali kita terburu-buru mengambil keputusan. Rumah kita memang harus segera diperbaiki. Namun, hal ini tidak berarti kita bisa memilih tukang bangunan secara asal. Apabila tidak cermat, bisa saja kita malah menyewa tukang bangunan yang tidak berpengalaman maupun tidak berperilaku baik.

Tidak mencari jasa tukang bangunan secara luas
Sebagai konsumen, kita harus mengumpulkan informasi mengenai tukang bangunan yang berpotensi. Rekomendasi tukang bangunan dari keluarga maupun teman-teman memang sangat bermanfaat. Namun, kita tidak boleh sepenuhnya mengandalkan mereka. Kita dapat menggunakan internet untuk mencari tukang bangunan di wilayah kita. Biasanya, penyedia jasa di internet juga memiliki review-review dari pelanggan terdahulunya. Kita bisa menilai kinerja mereka berdasarkan review tersebut.

Tidak menjelaskan kebutuhan secara detail
Kita harus mengetahui dengan jelas mengenai kebutuhan proyek rumah kita. Dengan demikian, barulah kita dapat mencari tukang bangunan yang tepat. Saat bertemu dengan penyedia jasa tukang bangunan, jelaskanlah kebutuhan proyek kita secara detail. Misalnya seperti kebutuhan dak beton, pembuatan kanopi, serta perbaikan dinding. Bila kita tidak menjelaskan jenis pekerjaan yang dibutuhkan, kita akan sulit menemukan tukang bangunan yang cocok.

Tidak bertanya ke penyedia jasa tukang bangunan secara detail
Meskipun dibutuhkan untuk proyek kecil, kita tetap harus bertanya-tanya ke penyedia jasa. Mulai dari keahlian mereka, pekerjaan bangunan yang pernah dilakukan, hingga estimasi biaya dan waktu pengerjaan. Jika kita melewatkan hal ini, bisa saja kita malah mengalami kerugian. Selain itu, proses tanya jawab juga membuat kita mengenal penyedia jasa lebih dekat.

Tidak menanyakan konsumen terdahulu sebagai referensi
Tidak menanyakan proyek yang pernah mereka kerjakan merupakan salah satu kesalahan yang harus kita hindari. Sebagai konsumen, tentu kita harus memastikan penyedia jasa memiliki kualifikasi yang sesuai. Salah satu caranya ialah melalui konsumen terdahulunya. Mereka dapat menjadi referensi yang akan membantu kita menentukan keputusan.

Hanya terfokus pada keahlian, tidak pada perilaku
Keahlian tukang bangunan sangatlah penting ketika melakukan pekerjaan konstruksi. Namun, keahlian yang tidak diimbangi dengan perilaku baik juga tidak akan berguna. Ketika menyewa penyedia jasa tukang bangunan, pertimbangkan juga perilaku mereka. Penyedia jasa yang tidak jujur dapat menguras anggaran yang kita sediakan.

Memaksakan tukang bangunan pada jenis pekerjaan yang tidak dikuasai
Meskipun rumah mengalami kerusakan yang krusial, kita tidak boleh terburu-buru menyewa tukang bangunan. Bila tukang bangunan tidak memiliki kualifikasi untuk mengerjakannya, bisa-bisa kita malah merugi. Kita harus mengeluarkan biaya tambahan serta mencari tukang bangunan  yang baru. Namun, kita tidak boleh terlalu pesimis untuk mencari tukang bangunan. Ada juga tukang bangunan yang ahli di berbagai pekerjaan.

Memaksa tukang bangunan bekerja secepat mungkin
Penyedia jasa tukang bangunan memang disewa oleh konsumen. Namun, hal ini tidak berarti konsumen bisa seenaknya menyuruh tukang bangunan. Misalnya seperti meyuruh tukang bangunan untuk menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Akibatnya, mereka harus bekerja di luar jam kerja yang ditetapkan. Padahal, mereka juga membutuhkan waktu luang untuk beristirahat. Lagipula, hal yang dikerjakan terburu-buru seringkali membuat hasilnya tidak maksimal.

Sumber: https://esub.com/10-mistakes-avoid-hiring-construction-workers/

8 Kesalahan Ketika Menyewa Jasa Tukang Bangunan 8 Kesalahan Ketika Menyewa Jasa Tukang Bangunan Reviewed by Back Space on 14.15 Rating: 5

Tidak ada komentar